Foto saya
Gedung Multimedia Lantai II SMA MA'ARIF KROYA, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia
SMS/WA : 085 876 448 689

Search

TOTAL TAYANGAN

Live Streaming 107.70 Sejuk Di hati

Sabtu, 22 Februari 2014

"MANFAAT RADIO KOMUNITAS"

Radio adalah media auditif yang hanya bisa dinikmati dengan alat pendengaran. Radio menjadi media penyampaian gagasan ide dan pesan melalui gelombang elektromagnetik berupa sinyal-sinyal audio. Inilah salah satu definisi tentang radio yang dijelaskan pada kajian radio yang dilaksanakan oleh divisi broadcasting PSDM Himakom Untirta (5/4).

Memang media satu ini adalah pelopor komunikasi jarak jauh antara komunikator dan komunikan, bahkan, radio juga menyampaikan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia pada saat itu hingga keluar negeri. Radio sendiri hingga saat ini masih menjadi media yang masih bertahan dari pergeseran perkembangan teknologi.

Radio pertama kali dibuat pada abad XIX Masehi oleh Michael Faraday, terus menerus dikembangkan oleh turunan-turunannya. Radio pertama kali berukuran 6 x 6 meter, ini sama seperti dengan satu ruang kelas. Hingga pada saat itu, Nikola Tesla menciptakan radio tanpa kabel (HT) dan mulai dipasarkan.

Awalnya fungsi radio digunakan untuk menyebarluaskan informasi tentang perang dunia I pada tahun 1914 oleh Howard Amstrong sang penemu radio FM, namun, seiring perkembangan arus informasi teknologi, radio berubah fungsi menjadi hiburan semata. Meskipun ada beberapa radio yang masih mementingkan penyiaran informasi berita.

Radio komunitas, inilah media yang ‘kecil-kecil cabe rawit’. Hingga saat ini, radio komunitas tersebar di seluruh Indonesia dengan total jumlah hingga 900 unit stasiun. Fungsi radio komunitas sendiri adalah memberikan informasi kepada komunitas yang ada disekitar lingkungan pemancar radio hingga radius 5 Km, memberikan kesempatn berkreasi untuk komunitas agar lebih kreatif dan inovatif, serta menjadi sarana komunikasi paling efektif dalam penyebaran isu yang kontekstual.

Menurut Ronny, radio komunitas kampus adalah sebuah ajang untuk berkreasi dan berkreativitas mahasiswa. Radio selain menjadi fasilitas belajar mahasiswa, bisa juga menjadi fasilitas berorganisasi profesi, karena dalam bekerja, tuntutan profesionalitasnya lebih dari organisasi biasa yang sering ada di kampus.

Narasumber : Ronny Yudhi SP, M.I.Kom




1 komentar:

  1. setiap stasiun radio yg terdaftar di KOMINFO pasti memiliki Call Sign, apa Call Sign Buana fm?

    BalasHapus