Foto saya
Gedung Multimedia Lantai II SMA MA'ARIF KROYA, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia
SMS/WA : 085 876 448 689

Search

TOTAL TAYANGAN

Live Streaming 107.70 Sejuk Di hati

Senin, 04 Juni 2018

SEJARAH BUANA FM


Radio adalah media auditif, yang hanya bisa dinikmati dengan alat pendengaran. Radio menjadi media penyampai gagasan, ide dan pesan melalui gelombang elektromagnetik, berupa sinyal-sinyal audio. (Dodi Mawardi, 2007)

Sedangkan menurut Undang-undang Penyiaran no 32/2002: radio adalah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran, yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan.

Buana FM merupakan Lembaga Penyiaran Radio Komunitas yang didirikan oleh Ngadiman,SPd.I dengan  Persetujuan Kepala Sekolah  untuk keperluan pendidikan Broadcasting di SMA Islam Buana Kroya. Konsep pengelolaan radio ini dimulai pada tahun pelajaran 2007/2008, sebagai radio yang berbasis Informasi, Musik, dan Edukasi. Keberadaan Buana FM diharapkan dapat dijadikan sebagai media untuk aktualisasi para siswa, baik secara individu maupun organisasi yang ada di sekolah.

SMA Ma'arif Kroya (SMA Islam Buana Kroya) adalah satu-satunya sekolah swasta di wilayah Kecamatan Kroya, dan satu-satunya pula Sekolah yang memiliki Media Radio Almamater. Letaknya yang geografis di tengah Kota yang sedang berkembang pesat.

Buana FM pada awalnya berdiri dengan pemancar sederhana, dibantu rekan kerja saudara Ribut Anaprin, Ahmad Fauzi dan dibantu siswa Agus Setyo Panuntun Kelas XI IPA saat itu munculah  ISNAYAFM. Dengan alat sederhananya radio Isnayafm bisa mengudara mulai dari jam 14.00 – 16.00 WIB dengan jangkauan Radius 2 km. 

Para penyiar terdiri dari para siswa siswi secara bergantian dengan sesuai jadwalnya sebagai media aktualisasi siswa, selain itu juga Karyawan dan  Guru. Buana FM  juga dapat dimanfaatkan oleh Para Guru dan Manajemen Sekolah sebagai media ekstra kurikuler hingga publikasi tentang sekolah beserta kebijakan-kebijakannya kepada masyarakat pada umumnya maupun siswa dan orangtuanya pada khususnya. 

Sebagai suatu lembaga penyiran radio, Buanafm menggunakan Spektrum Frekuensi Radio berjenis Frequency Modulation ( FM ) dan mulai beroperasi secara kontinyu mulai tanggal 1 Januari  2008. Akan tetapi untuk ulang tahun Buana FM berdasar sejarah diperingati tiap tanggal 23 februari (awal pertama mengudara diperkirakan tgl 23 februari 2007) ini perkiraan ya gaess, saya sendiri (Ari Suswanto/Ari Irama/Aditya Rachman) masuk sekolah ini tahun 2008

Oh ya satu lagi saya tegasen ya gaess, BUANA FM itu awalnya bernama ISNAYA FM (Islam Buana Kroya) sempet beberapa kali ganti2 frekuensi juga dari 107.50, kemudian 107.30 dan saat ini kita resmi komunitas di 107.70 dari tahun 2018. Berjuang dari tahun 2007 dan bisa dapat izin resmin tahun 2018 ini merupakan perjuangan yang sangat WOOWW GAESS, Makannya ayuk kita sama2 jaga radio kita ini agar tetap jaya di udara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar